DISTRIBUSI
Dan PASAR
Distribusi
Setiap hari kita perlu makan. Makanan kita terdiri dari
nasi, sayur, lauk dan sebagainya. Bahan- bahan pembuat makanan tadi berasal
dari desa. Bagaimana prosesnya sehingga bahan- bahan tadi sampai kerumah kita?
Hal ini memerlukan usaha untuk mengangkutbahan- bahan
tersebut dari desa ke tempat tujuan. Konsumen memperoleh kebutuhannya, karena
kebutuhan tersebut telah disalurkan oleh lembaga- lembaga distribusi.
Distribusi adalah seluruh kegiatan menyalurkan barang dan
jasa dari produsen kepada konsumen.
Faktor waktu memegang peranan yang sangat penting dalam
distribusi. Kelancaran distribusi akan menentukan kecepatan meratanya barang
kebutuhan dan dapat mempengaruhi harga barng- barang yang bersangkutan.
Distribusi mengatur cara yang sebaik- baiknya supaya barang- barang sampai di
tangan konsumen denga cepat, merata, dan murah.
Semakin lancar distribusi barang, akan semakin
menguntungkan konsumen, karena konsumen mendapatkan barang- barang dengan harga
yang cukup rendah. Hal ini disebabkan adanya biaya pengangkutan yang cukup
rendah.
Distribusi merupakan suatu fungsi dari pemasaran yang
bertalian dengan pembelian dan penjualan. Orang atau badan yang melaksanakan
distribusi disebut distributor.
Lembaga- lembaga Distribusi
Supaya hasil produksi dari produsen sampai kepada
konsumen perlu disalurkan melalui lembaga distribusi. Yang disebut lembaga
distribusi adalah perseorangan atau
perusahaan yang bekerja untuk menyalurkan barang. Lembaga distribusi
merupakan perantara antara produsen dan konsumen.
Yang termasuk lembaga
distribusi antara lain:
- Pedagang: a) Pedagan besar (wholesaler/grosir)
b) Pedagan kecil (retailer/pedagang
eceran)
- Perantara khusus: agen, makelar, komisioner.
- Ekspotir dan importir
- Lembaga-lembaga pembantu lainnya
1.
Pedagang
Pedagang
basar atau grosir adalah lembaga perantara yang menjual barang kepada pedagang
ecaran atau kepada perusahaan industri dan tidak menjual kepada konsumen. Penjualan dilakukan dalam jumlah besar yang
diperoleh langsung dari produsen.
Pedagang
kecil atau pedagan eceran adalah pedagang yang menjual langsung kepda konsumen
dalam jumlah kecil. Penjualan dapat dilaksanakan:
1) Mendatangi
rumah calon pembeli atau melalui telephon (door to door selling)
2) Melalui
pos(mail order selling). Toko menerima pesanan melalaui surat- surat pos dan
pesanan dikirim melalui paket.
3) Melalui
toko perusahaan sendiri. Produsen mendirikan toko- toko untuk menjualhasil
produksinya.
Di negara- negara yang
maju, terdapat perdaganganeceran dalam bentuk besar, seperti toko serba ada,
pasar swalayan, dan departemen store. Pada toko ini disediakan segala macam
barang untuk keperluan konsumen antara lain makanan, sayuran, alat- alat rumah
tangga, dan alin- lain.
Kadang- kadang di
samping padagang besar dan pedagang kecil terdapat pula pedagang menengah yang
bertugas menghubungkan pedagang basar dan pedangan kecil.
2.
Perantara khusus
1) Agen
adalah lembaga distribusi yang bertindak untuk orang atau perusahaan lain. Agen
bertugas melakukan pembelian dan penjualan barang tanpa memiliki barang. Agen
akan menerima imbalan jasa disebut komisi. Agen tidsk bisa mempermainkan harga
sekehendaknya, karena herga telah ditetapkan oleh perusahaan.
2) Makelar
(broker), adalah pedagang perantara yang mempertemukan pembeli dan penjual. Makelar tidak ikut memiliki
pembelian atua penjualan dan membantu terjadinya transaksi pembelian atau
penjualan. Broker menerima balas jasa yang disebut kurtasi atau provisi.
3) Komisioner
adalah pedagang perantara yang melakukan usahanya atas nama sendiri dab
bertanggung jawab atas tindakannya
(resiko sendiri). Imbalan jasa yang diterima komisioner disebut komisi.
3.
Eksportir dan importir
1) Eksportir
adalah pihak yang menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri.
2) Importir
adalah pihak yang membeli barang dari luar negeri untuk dijual di dalam negeri.
4.
Lembaga- lembaga lain yang membantu lembaga distribusi antara lain:bank,
perusahaan asuransi, perusahaan angkutan, pergudangan, lembaga periklanan.
Sistem
Distribusi
a) Sistem
distribusi langsung adalah sistem distribusi dimana barang- barang yang
dihasilkan oleh produsen disampaikan kepada konsumen akhir tanpa perantara.
b) Sistem
distribusi tidak langsung.
Sistem
distribusi tidak lanngsung ialah sistem penyaluran barang dari produsen ke
konsumen melalui pedagang perantara, misalnya agen, sub agen, grosir, atau
pedagang pengecer.
c) Sistem distribusi semi langsung
Yaitu
sistem penyaluran barang dari produsen ke konsumen, melalui pedagang perantara (agen) milik
produsen sendiri. Misalnya penyaluran sepatu melalui agen sepatu milik
perusahaan yang bersangkutan.
Pemasaran
Distribusi
merupakan salah satu fungsi dari pemasaran(marketing), yaitu segala kegiatan
yang dijalankan dalam pemindahan barang atau jasa dari perusahaan yang
bersangkutan kepada konsumen.
Kegiatan
pemasaran meliputi:
1) Merchandising
atau perencanaa produk, kualitas, ukuran warna, dan lain-lain.
2) Penjualan:
bagaimana cara menjual barang tersebut.
3) Penentuan
harga: menentukannharga sesuai dengan daya beli konsumen.
4) Promosi:
melakukan kegiatan pengiklanan agar konsumen mengenal barang yang dipasarkan.
5) Distribusi:
kegitan penyaluran barang dari produsen kepada konsumen sesuai dengan waktu
yang tepat, sehingga barang sampai dengan tepat saat konsumen membutuhkan.
Pasar
Pasar
dalam pegertian sehari- hari berbeda dengan pegertian pasar menurut ilmu
ekonomi. Dalam pegertian sehari- hari atau dalam arti sempit, pasar berarti
tempat bertemunya pembeli dan penjual. Dalam pegertian yang luas, menurut ilmu
ekonomi, pasar berartitempat terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli.
Transaksi dapat terjadi dimana saja, walaupun barang dan jasa yang diperjual
belikan itu tidak berbeda di tempat kejadian.
Unsur-
unsur Pasar
a) Harga
Harga yang terbentuk di
pasar sebagai hasil pertemuan antara permintaan dan penawaran. Harga adalah
nilai barang dan jasa yang dinyatakan dengan uang.
b) Pembeli
Pembeli ialah orang
yang menciptakan permintaan barang dan
jasa yang disertai kemampuan untuk membeli. Kemampuan untuk membeli barang dan
jasa tergantung dua faktor, jumlah uang
yang dimiliki dan harga barang yang akan dibeli.
c) Penjual
Tujuan produsen ialah
mendapatkan keuntungan maksimal dari usahanya. Penjual bertugas menawarkan dan
menjual barang. Agar barang-barang yang dijual laku dipasaran, penjual harus
memperhatikan beberapa hal yang penting , seperti kelancaran distribusi ,
pemasaran, menjaga mutu/kualitas barang, dan selalu memperhatikan selera
konsumen.
d) Persaingan
Adalah suatu usaha yang
dilakukan oleh para pengusaha atau perorangan secara bebas, dalam rangka
menarikpelanggan.
Macam- macam Pasar
a) Menurut wujud dan Sifatnya
- Pasar kongkret, adalah pasar tempat para pembeli dan penjual berkumpul untuk memperjual belikan barang-barang dagangannya.
- Pasar abstrak, adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli tanpa dsertai barang yang alan diperjual belikan. Barang tersebut akan dikirim setelah transaksi terjadi. Yang ada pada saat itu hanya contoh barang dan daftar harga(price list).
b) Menurt
Barang yang Diperjual belikan
- Pasar barang (comodity market), yaitu pasar yang menjual kebutuhan sehari- hari.
- Pasar bahan mentah
- Pasar jasa- jasa
c) Menurut Luasnya Kegiatan Produksi
- Pasar setempat (pasar lokal), meliputi satu tempat saja
- Pasar daerah (pasar regional), meliputi satu wilayah/daerah
- Pasar nasional, meliputi satu negara
- Pasar dunia (internasional), meliputi beberapa negara (dunia)
d) Menurut Organisasinya
- Pasar sempurna, disebut pasar sempurna apabila pembeli dan penjual mengetahui benar- benar tentang keadaan pasar, bebas mengadakan jual beli, dan barang yang diperjual belikan homogen atau sejenis.
- Pasar tidak sempurna, dikatakan pasar tidak sempurna apabila pasar tersebut tidak memenuhi kreteria yang dimiliki pasar sempurna.
e) Menurut Susunan atau Strukturnya
- Pasar persaingan sempurna (perfect competition)
- Pasar monopoli
- Pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition)
- Pasar persaingan monopolistis
f) Menurut waktunya
- Pasar harian, yaitu pasar yang berlangsung setiap hari
- Pasar mingguan, yaitu pasar yang diadakan seminggu sekali
- Pasar tahunan, yaitu pasar yang diadakan setahun sekali, biasanya dalam pasar tahunan dipamerkan hasil industri.
Faktor- faktor yang
mempengaruhi luas jangkauan pasar
- Kegunaan barang- barang yang diproduksi.
- Barang- barang dapat disimpan dan tidak mudah rusak.
- Biaya angkutan relatih murah dari harga barang.
- Adanya standardisasi (memiliki bentuk, mutu, ukuran yang sama).
No comments:
Post a Comment