Sunday, February 3, 2013


PERMINTAAN DAN PENAWARAN
PERMINTAAN
            Para produsen membuat barang dan jasa, tidak hanya sekedar membuat saja, melainkan untuk dijual kepada konsumen dengan harapan memperoleh keuntungan. Pertemuan antara produsen yang menjual barang dengan konsumen yang membeli barang, terjadi di pasar. Dalam pasar itu akan terbentuk harga, yang terjadi karena adanya tawar menawar.
            Di pasar, akan terbentuk harga suatu barang, yang terjadi karena adanya tawar menawar antara pembeli dan penjual. Ada batas tertinggi harga yang disediakan oleh pembeli dan ada batas terendah yang disediakan penjual. Diantara kedua batas inilah akan terbentuk harga. Batas tertinggi bagi pembeli ii berbeda- beda antara satu dengan yang lain, disebabkan adanya perbedaan pendapatan, selera, dan harga barang- barang lain yang tersedia bagi konsumen.
            Permintaan adalah jumlah barang yang akan dibeli dengan harga tertentu dan pada waktu tertentu. Jumlah barang yang akan dibeli berbanding terbalik dengan harga. Berarti, makin tinggi harga barang, makin sedikit barang yang dibeli atau makin rendah harga barang, makin banyak jumlah barang yang dibeli.
            Hukum permintaan: jika harga naik, permintaan akan berkurang, sebaliknya jika harga turun maka permintaan akan bertambah. Hukum permintaan ini akan berlaku dalam keadaan Ceteris Paribus (apabila keadaan- keadaan lainnya masih tetap tidak berubah.
            Selaluterdapat adanya hubungan antara harga pasar suatu barang dengan jumlah barang yang diminta, pada suatu tempat atau pasar tertentu dalam jangka waktu tertentu.  Hubungan ini dinamakan schedule permintaan. Jadi schedule permintaan menghubungkan jumlah barang dengan harga barang.
            Faktor- faktor yang mempengaruhi jumlah permintan:
  1. Selera konsumen
  2. Harga barang- barang lain
  3. Pendapatan konsumen
  4. Faktor non ekonomis 

Elastisitas Permintaan
            Kepekaan permintaan terhadap perubahan harga, disebut elastisitas permintaan. Elastisitas permintaan menunjukan basarnya perubahan jumlah permintaan akibat perubahan harga.
Permintaan yang Elastis dan In-elastis
a) Permintaan yang Elastis
            Ialah permintaan terhadap suatu barang yang sangat dipengaruhi oleh perubahan harga barang yang bersangkutan. Permintaan yang elastis, dapat terjadi pada barang- barang mewah seperti mobil, lemari es, dan sebagainya.
b) Permintaan yang In-elastis
            Ialah permintaan suatu bar ang yang tidak terlalu dipengaruhi oleh perubahan harga dari barang yang bersangkutan. Perubahan harga dari barang yang bersangkutan, hanya akan berakibat kecilsaja dalam jumlah permintaan.
            Permintaan yang in-elastis ini pada umumnya berlaku pada barang- barang kebutuhan pokok sehari- hari, seperti beras.

  PENAWARAN                  
Kalau kita berada di suatu pasar, akan kita jumpai banyak penjual yang menjual berbagai macam barang dengan berbagai  macam harga. Masing-masing penjual telah mempunyai harga taksiran sendiri-sendiri yang taksiran harga yang di harapan dapat menjual barangnya.Permintaan yang datangnya dari pembeli akan berhadapan dengan penawaran yang datangnya dari penjual.
Penawaran adalah jumlah barang yang akan di jual pada berbagai tingkat  harga dalam jangka waktu tertentu.
            Kalau dalam permintaan terdapat hubungan antara harga dan jumlah barang  yang di minta maka dalam penawaran terdapat  hubungan antara harga  dengan jumlah harga yang di jual (ditawarkan). Makin tinggi harga, makin banyak barang yang  di tawarkan. Makin rendah harga, makin sedikit barang yang di tawarkan. Harga dan penawaran berbanding searah. Hal ini berlaku apabila keadaan lain-lain tetap tidak berubah.
            Penawaran dibedakan :
 a. Penawaran individual, yaitu penawaran dari penjual perseorangan di pasar.
 b. Penawaran pasar, yaitu penawaran dari semua penjual di pasar.
  Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran :
a. Perubahan harga di pasar.
b.Perubahan teknik produksi karena penemuan-penemuan baru.
c. Perubahan biaya produksi.
d.Persaingan antar penjual.
e. Perubahan bahan-bahan yang lain.
 Elastisitas penawaran
            Yang di maksud dengan elastisitas penawaran adalah perubahan jumlah barang yang di tawarkan, akibat perubahan harga.

No comments:

Post a Comment