Sunday, February 3, 2013


MANUSIA SEBAGAI KONSUMEN
A.Konsumsi
              Bila pada suatu hari kalian pergi ke supermark,didalamnya akan terlihat brbagai macam barang, antara lain kuwe ,sirup,pakaian dan barang pecah belah .barang-barang tersebut  mempunyai cara penggunaan yang berbeda- beda.
             Ada barang yang habisnya sekaligus dan ada yang habisnya berangsur-angsur . barang-barang tersebut di atas disebut barang  konsumsi ,karena barang -barang tersebut dapat  memenuhi kebutuhan manusia .
            Konsumsi  adalah tindakan merugikan atau menghabiskan kegunaan barang atau  jasa secara berangsur-angsur atau sekaligus .
           Konsumen adalahorang yang memanfaatkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan .
            Setiap manusia yang melakukan  konsumsi pasti mempunyai tujuan . seorang ibu mengkonsumsi beras,pelajar mengkonsumsi buku,seorang  pengusaha mengkonsumsi mobil ,mempunyai tujuan dapat memperoleh kepuasan dalam mengkonsumsi  barang-barang tersebut .dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa konsumsi adalah untuk memenuhi suatu kebutuhan .
             Cara mengkonsumsi suatu  barang tergantung pada jenis barang  yang bersangkutan . Mengapa demikian?sebab pada umumnya barang dibuat untuk dikonsumsi dengan cara -cara tertetu .
B.Rumah tangga konsumsi
       Untuk melepas kejenuhan setelah berkerja selama satu minggu ,pak wahyu berjalan -jalan pada sebuah pertokoan tersebut terdapat sebuah toko yang khusus menjual kain ,kemudian ia masuk dan membeli beberapa potong kain .
        Membeli kain merupakan kegiatan konsumsi . tindakn konsumen dapat dilakukan oleh manusia secara individu ,maupun manusia dalam masyarakat atau keluarga.
       Jadi rumah tangga konsumen adalah kegiatan konsumen yang dilakukan oleng rumah tangga ,baik merupakan manusia secara individu ,atau manusia dalam masyarakat atau keluarga yang melakukan .
       Segala kegiatan dalam rumah tangga lebih dipusatkan  pada prmenuhan kebutuhan keluwarga ,baik kebutuhan saat  ini maupun kebutuhan masa depan .setiap rumah tangga konsumsi mempunyai kegiatan konsumsi yang berbeda-beda.
         Untuk menkonsumsi kebutuhan , manusia dapat melakukan dengan berbagai cara antara lain:
-Mendatangi secara langsung tempat -tempat penjualan .
-Melalui pedagang keliling  
-Melalui pameran
-Melalui telepon atau surat
-Melalui hasil pemberian ,hadiah ,dan lain -lain.



















No comments:

Post a Comment