Sunday, February 3, 2013

EKONOMI


MASALAH EKONOMI YANG DIHADAPI MANUSIA
Kelangkaan atau keterbatasan
"Manusia perlulu makan agar tetap hidup"
Dari kalimat yang sangat sederhaana inilah, setiap hari manusia melakukan kesibukannya masing-masing. Manusia di tuntut untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.
Lapangan usaha manusia berbeda-bada. Kebutuhan merekapun beraneka ragam macamnya.
             Menurut asal katanya, ekonomi berasal dari Bahasa Yunani, oikos dan nomos. Oikos berarti rumah atau rumah tangga, dan Nomos berarti peraturan,  Ekonomi berarti peraturan rumah tangga.
Rumah tangga dalam pengertian ini termasuk rumah tangga orang perorang/keluarga, rrumah tangga masyarakat, rumah tangga perusahaan, rumah tangga negara, maupun rumah tangga  dunia.
Dalam mengatur rumah tangga, orang perlu mengadakanbermacam-macam kegiatan, agar usaha untuk memenuhi kebutuhannya dapat tercapai. Jadi pegertian ekonomi menurut istilah, ialah kegiatan manusia dalam usahannya untuk mencukupi kebutuhannya.
Apabila kebutuhan rumah tangganya telah terpenuhi manusia dikatakan makmur. Oleh karena itu, dapat diartikan juga, bahwa ekonomi ialah usaha memenuhi kebutuhan rumah tangga untuk mencapai kemakmuran.
Kebutuhan yang harus dipenuhi oleh satu masyarakat, berbeda dengan masyarakat yang lain. Kebutuhanus yang harus dipenuhi oleh masyarakat primitif berbeda dengan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh msyarakat masa kini yang sudah maju, misalnya dalam masalah makanan, pakaian, perumahan, maupun kebutuhan lainnya. Semakin maju tingkat kehidupan manusia, maka bertambah tinggi kualitas dan kuantitas kebutuhannya.
Dalam kenyataannya, tidaklah semua kebutuhan manusia itu dapat dipenuhi, karena kebutuhan manusia baik jumlahnya maupun jenisnya  tidak terbatas, sedangkan alat yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan, tersebut tersedia dalam jumlah sangat terbatas.
Indonesia sebagai negara agraris, kebutuhan akan tanah memegang peranan penting. Memang tanah tidak akan habis, tetapi  apabila rusak sulit untuk diperbaharui. Oleh karena itu para petani harus memelihara agar tanah tetap suburb dan dapat terus ditanami.  Jumlah penduduk negara kita sangat banyak, oleh sebab itu jumlah kebutuhannya juga sangat banyak dan bervariasi.
Apakah kemakmuran itu?
Manusia dikatakan makmur apabila sebagia besar kebutuhannya dapat terpenuhi. Untuk mencapai kemakmuran tersebut orang harus berusaha melakukan berbagai macam kegiatan. Kegiatan tersebut disebut disebut tindakan ekonomi. Jadi tindakan ekonomi ialah segala kegiata manusia yang ditujukan untuk memenuhi semua kebutuhannya.
Dalam memenuhi kebutuhannya manusia terlibat dalam berbagai macam kejadian atau perstiwa. Peristiwa disebut peristiwa ekonomi. Jadi peristiwa ekonomi ialah kejadian atau peristiwa yang dialami manusia dalam usahanya mencukupi kebutuhan hidupnya.
Perbuatan ekonomi ialah setiap perbuatan yang dilakukan manusia dengan memakai berbagai macam alat- alat untuk mencukupi kebutuhan, misalnya berusaha dibidang pertanian, perternakan, perikanan, transportasi, membuka pabrik, bengkel, bank, dan lain-  lain baik tindakan ekonomi, peristiwa ekonomi maupun perbuatan ekonomi, semuanya dilakukan untuk mencapai kemakmuran.
Pengertian kemakmuran berbeda dengan kekayaan.
Kemakmuran adalah tingkat pemenuhan kebutuhan manusia. Sedangkan kekayaan adah jumlah barang atau benda material yang dimiliki manusia.
Dari pengertian tersebut, maka orang kaya belum tentu makmur, sebab harta kekayaan belum tentu memenuhi kebutuhan manusia. Sedangkan orang merasa makmur, apabila dapat mmenuhi segala macam kebutuhannya, meskipun tidak kaya. Semakin banyak jumlah dan macam kebutuhan yang dapat dipenuhi, semakin makmur kehidupan manusia.










No comments:

Post a Comment